Definisi dan Fungsi Sel Saraf Motorik

Apakah definisi dan fungsi sel saraf motorik? Dimana sistem sel saraf motorik tersebut pernah aku singgung dalam topik perkembangan psikologi pada anak balita. Semoga artikel aku ini dapat menjawab pertanyaan dan keingintahuan anda.

Sel saraf motorik adalah sel saraf yang mengirim impuls (sinyal listrik) dari sistem saraf pusat (otak) ke otot atau kelenjar tubuh yang menghasilkan tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Rangsangan ini dapat berasal dari dalam atau luar tubuh. Sel saraf motorik merupakan salah satu dari 3 jenis sel saraf manusia.

Seperti apa sih bentuk atau gambar dari sel saraf motorik? Bagi yang ingin tahu, aku sudah kasih gambarnya di halaman ini. Karakteristiknya yakni: Dendritnya sangat pendek berhubungan dengan akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang.

sel saraf motorik

sel saraf motorik

Badan sel saraf motorik ini berada di sistem saraf pusat, yakni otak. Itulah sebabnya perkembangan motorik adalah hal yang critical / sangat penting bagi anak balita. Kita sebagai orang tua, wajib hukumnya memperhatikan perkembangan Psikomotor / Motorik anak balita kita dengan cara membantu merangsang perkembangannya dengan memberikan mainan yang berfungsi untuk merangsang psikomotor anak, dan dengan memberikan nutrisi untuk perkembangan otak balita.

Sekian artikel aku tentang definisi dan fungsi sel saraf motorik ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

 
No comments yet.

Tinggalkan Balasan