Perkembangan Anak Balita

Hello para ayah dan bunda, aku ingin membagikan sedikit informasi tentang Perkembangan Anak Balita melalui artikel aku kali ini.

Kita sebagai orang tua sudah seharusnya & sepantasnya memperhatikan & mendukung semaksimal mungkin perkembangan anak kita, mulai dari dalam masa kandungan sampai dengan berakhirnya masa puber / remaja (biasanya pada usia 15 – 19 tahun, walaupun setiap anak memiliki masa berakhir pubertasnya masing-masing). Menurut aku sih bukan hanya sampai berakhirnya masa remaja saja kita harus memperhatikan anak kita, tetapi harus seumur hidup. Itulah baru namanya orang tua yang mencintai anaknya sepenuh hati. Mantaapppp!

Pada artikel aku kali ini aku akan memfokuskan pembahasan aku pada perkembangan anak balita. Dimana perkembangan anak pada usia balita adalah hal terpenting yang menjadi dasar dalam perkembangan hidup seorang anak manusia. Mengapa? Karena usia balita, adalah masa keemasan ( the golden years).

Maksud dari masa keemasan (the golden years) adalah masa dimana anak mulai sensitif untuk menerima berbagai rangsangan dan merupakan masa pembentukan dasar / pondasi fungsi fisik, psikologis, dan emosional seorang manusia. Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi kecerdasan manusia berkembang dengan pesat pada masa usia dini. Itulah sebabnya kita harus sangat memperhatikan perkembangan anak usia balita, jangan sampai kita salah mendidik anak. Karena apa yang kita tanamkan pada diri anak sejak dini, itulah yang akan menjadi hasil pada kehidupannya kelak.

Berikut ini adalah 4 hal penting pada perkembangan anak balita yang harus kita perhatikan:

  1. Perkembangan Fisik
  2. Perkembangan Psikologis
  3. Perkembangan Panca Indera
  4. Perkembangan Emosional

Penjelasan detail untuk setiap jenis perkembangan diatas (fisik, psikologis, panca indera, dan emosional) akan aku bahas di artikel aku selanjutnya.

Jenis perkembangan yang akan aku bahas pertama adalah tentang Perkembangan Fisik anak balita. Klik di link berikut untuk membacanya: Perkembangan Fisik Anak Balita.

Cukup sekian penjelasan aku tentang Perkembangan Anak Balita secara garis besarnya. Semoga bermanfaat bagi anda.

 
No comments yet.

Tinggalkan Balasan