Perkembangan Fisik Anak Balita

Dear mama dan papa, Perkembangan Fisik Anak Balita adalah aspek pertama yang akan aku bahas dari 4 hal penting pada Perkembangan pada Anak Balita.

Umumnya indikator yang digunakan untuk mengetahui dan memantau perkembangan fisik anak balita kita adalah berat, tinggi badan, dan lingkar kepala. Itulah sebabnya kalau kita pergi ke Dokter anak baik itu untuk keperluan imunisasi / vaksin ataupun karena (amit-amit) sakit, biasanya anak kita selalu ditimbang beratnya dan diukur tinggi & lingkar kepalanya.

Perkembangan fisik anak laki-laki dan wanita tentu saja berbeda. Biasanya anak laki-laki memiliki berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala yang lebih besar daripada anak wanita. Tetapi tidak menutup kemungkinan anak wanita juga bisa lebih besar daripada anak laki-laki. Hal ini bisa saja dikarenakan faktor genetik dari ayah dan ibunya.

CDC (Center for Disease Control and Prevention) dan WHO (World Health Organization) telah menetapkan standard perkembangan fisik bagi anak usia o-2 tahun dan 2 – 20 tahun.

Anda dapat melihat grafik / growthcharts yang telah ditetapkan oleh WHO untuk mengetahui rasio perkembangan lingkar kepala dibandingkan dengan usia dan tinggi badan dibandingkan dengan berat badan yang normal pada anak-anak usia 0 – 2 tahun.

Selanjutnya adalah growthcharts / grafik untuk rasio perkembangan tinggi badan dibandingkan dengan usia dan berat badan dibandingkan dengan usia yang normal untuk anak usia 2 – 20 tahun.

Memang pada kenyataannya seringkali kita temukan orang-orang yang perkembangan fisiknya tidak sesuai seperti yang terlampir di growthchart tersebut, alias tidak normal. Seperti misalnya berat badan yang terlalu gemuk ataupun kurus, dan tinggi badan yang terlalu tinggi ataupun pendek. Selain faktor kecukupan gizi, faktor genetik bawaan dari ayah dan ibunya juga menentukan kondisi fisik anaknya.

Pada artikel aku selanjutnya aku akan membahas mengenai perkembangan psikologi pada anak balita.

Sekian artikel aku kali ini tentang perkembangan fisik anak balita. Semoga dapat bermanfaat bagi anda para orang tua yang sayang anak.

 

 
No comments yet.

Tinggalkan Balasan