Sel Saraf Manusia

Apa itu sel saraf manusia? Dan apakah fungsinya? Aku akan coba memberikan informasi tersebut untuk anda melalui artikel aku ini.

Sel saraf (Neuron) adalah satuan kerja utama dari sistem saraf yang memiliki fungsi sebagai penghantar impuls dari 1 sel ke sel yang lain, atau dari 1 bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain.  Impuls ini terbentuk karena adanya rangsangan (stimulus) baik itu dari dalam atau dari luar tubuh, yakni lingkungan.

Jumlah sel saraf pada manusia sangatlah banyak. Jumlahnya mencapai berjuta – juta sel. Jutaan sel saraf  yang saling berhubungan inilah yang membentuk sistem saraf.

Setiap sel saraf / neuron memiliki satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma & inti sel. Badan sel saraf / neuron terdapat dua jenis serabut saraf, yaitu :

  • Dendrit. Dendrit berfungsi sebagai penghantar impuls ke badan sel saraf. Dendrit biasanya sangat panjang.
  • Akson. Akson berfungsi sebagai penghantar impuls dari badan sel saraf ke sel saraf yang lain dan ke jaringan tubuh. Dendrit biasanya pendek. Pada ujung akhir dari akson terdapat sinapsis yang merupakan celah antara ujung saraf dimana neurotransmitter dilepaskan untuk menghantar impuls ke saraf selanjutnya atau organ yang dituju.

Setiap sel saraf / neuron hanya mempunyai satu akson dan minimal satu dendrit. Kedua serabut saraf ini berisi plasma sel. Pada bagian luar akson terdapat lapisan lemak (mielin) yang dibentuk oleh sel Schwann yang menempel pada akson. Sel Schwann merupakan sel glia utama pada sistem saraf yang berfungsi membentuk selubung mielin. Fungsi mielin adalah melindungi akson dan memberi nutrisi. Bagian dari akson yang tidak terbungkus mielin disebut nodus ranvier, yang dapat mempercepat penghantaran impuls.

neuron

sel saraf manusia

Ada 3 jenis kategori sel saraf pada manusia yang dilitinjau dari fungsinya, yaitu:

  1. Sel Saraf Sensorik. Memiliki fungsi sebagai penghantar impuls dari reseptor (jaringan / bagian tubuh yang menerima rangsangan) ke sistem saraf pusat yakni otak  (ensefalon) dan sumsum belakang (medula spinalis).
  2. Sel Saraf Motorik. adalah sel saraf yang mengirim impuls (sinyal listrik) dari sistem saraf pusat (otak) ke otot atau kelenjar tubuh yang menghasilkan tanggapan tubuh terhadap rangsangan.
  3. Sel saraf Connector / Intermediate. Sel ini terdapat di dalam sistem saraf pusat, yang berfungsi sebagai penghubung sel saraf sensorik dengan motorik, serta sebagai penghubung sel-sel saraf lainnya yang ada di dalam sistem saraf pusat.

Begitu pentingnya peran sel saraf pada kehidupan manusia. Sehingga kita sebagai orang tua, wajib hukumnya untuk memperhatikan dan mendukung perkembangan psikologis anak balita kita, baik dengan memberikan nutrisi untuk perkembangan otak yang tepat dan cukup, serta dengan memberikan berbagai mainan anak balita yang dapat merangsang perkembangan psikologisnya. Agar perkembangan psikologis anak balita maksimal.

Sekian artikel aku tentang sel saraf manusia. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan dan keingintahuan anda tentang sel saraf manusia.

 
No comments yet.

Tinggalkan Balasan