Tips Memilih Mainan untuk Anak Balita

Dear Mama & Papa, aku ingin memberikan informasi tentang Tips Memilih Mainan untuk Anak Balita pada artikel aku kali ini. Termasuk apa saja hal-hal yang harus diperhatikan, agar mainan yang anda berikan kepada anak balita anda memberikan manfaat positif yang maksimal dan tidak sia-sia.

Mainan sangatlah dibutuhkan oleh anak balita untuk mendukung proses perkembangannya, baik itu perkembangan fisik dan perkembangan psikologinya.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih mainan anak balita dari aku :

  1. Sesuaikan usia, berat, dan tinggi badan anak anda dengan spesifikasi batasan usia, berat, dan tinggi badan anak pengguna mainan. Contoh : Jumperoo diperuntukkan untuk anak usia 4 bulan ke atas, maksimal berat 11 kg, maksimal tinggi 81 cm.
  2. Pilihlah mainan dengan warna-warna yang menarik. Biasanya warna-warna yang terang, seperti merah, kuning, dan hijau dapat menarik minat dan perhatian anak anda untuk mengeksplorasi lebih lanjut mainan yang anda berikan padanya, dibandingkan dengan warna-warna netral atau gelap seperti putih dan hitam.
  3. Dapat mengeluarkan suara. Seperti musik, nyanyian, dan suara-suara unik seperti suara binatang atau alat musik. Karena anak balita senang bereksplorasi mainan yang dapat mengeluarkan suara.
  4. Dapat dengan mudah dibersihkan / dicuci. Pastikan mainan yang anda berikan untuk buah hati anda higienis, apalagi anak balita senang sekali memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Pilihan desain mainan yang sederhana sehingga dapat dengan mudah dibersihkan / dicuci menjadi hal yang harus anda perhatikan dengan seksama. Hindari mainan dengan desain yang kompleks dan rumit sehingga ada beberapa bagian pada mainan yang sulit atau bahkan tidak bisa dijangkau untuk dilap / dicuci, sehingga menjadi sarang debu dan kuman.
  5. Bahan mainan yang aman untuk kesehatan. Umumnya bahan mainan yang aman digunakan adalah bahan plastik berjenis polyvinyl chloride ( PVC ).
  6. Pastikan warna pada mainan tidak dapat luntur, apabila digigit / dimasukkan ke dalam mulut oleh anak.
  7. Memiliki kualitas yang tinggi. Biasanya mainan dari berbagai merk-merk ternama lebih terjamin kualitasnya (seperti: Fisher Price, Bright Starts, Baby Einstein, Little Tikes, Vtech, Grow’n Up, Chicco, Smart Trike, Haenim). Tetapi pastikan bahwa mainan itu “ASLI” bukan tiruan atau KW. Apabila mainan berbahan kain, pastikan seluruh bagian terjahit dengan baik dan kuat. Apabila berbahan plastik, besi, atau kayu, pastikan konstruksi mainan sempurna, tidak ada bagian yang cacat atau kesalahan produksi yang mana dapat membahayakan keselamatan anak anda saat menggunakannya.
  8. Hindari mainan yang berukuran kecil atau miniatur. Apalagi ditambah dengan banyak terdapat komponen yang berukuran jauh lebih kecil lagi dan dapat terlepas. Karena apabila sampai tertelan oleh anak anda, berarti……. Bahaya!
  9. Pastikan komponen-komponen dari mainan melekat dengan kuat dan tidak mudah terlepas dari mainan tersebut. Contoh: apabila anda memberikan boneka Doraemon, maka pastikan bagian mata yang melekat dan terbuat dari plastik tersebut melekat dengan kuat dan tidak mudah terlepas.

Semoga informasi tentang Tips Memilih Mainan untuk Anak Balita yang aku berikan kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

 
No comments yet.

Tinggalkan Balasan